Selasa, 07 Mei 2013

Faust and Mephistopheles

 Faust and Mephistopheles

Ada seorang anak manusia yang bernama Doctor Faustus (beberapa orang mengenaknya dengan dr.Faust). 

Beliau adalah orang terkemuka dalam bidang ilmu pengetahuan. Menurut standar manusia, Faust telah mencapa apa yang ia bisa. Ia adalah seorang dokter media, ahli hukum dan teknologi. Selama bertahun tahun ia memikirkan tentang dunia yang ia geluti ini hingga ia tiba pada sebuah keputusan bahwa kesemuanya ini ada batasnya ada puncakanya. Dan ia merasa bahwa puncak itu telah ia ketahuai, tapi yang namanya manusia itu selalu ingin lebih. Faustus paham bahwa ada sebuah titik yang dimana ia tidak bisa masuk kedalamnya.dan titik itulah yang akan membawanya pada impianya. Rasa penasaran yang seperti inilah mengajak sang Faustus menjalani hidup yang tidak seperti biasanya. Jalan hitam.

Faustpun mulai mempelajari hal-hal yang berbau magis dari beberapa sumber. Dari sumber yang saya dapatkan, Faust belejar ilmu magis pada Valdes and Cornelius.
Pelajaran ilmu hitam Faust makin manjadi-jadi, hingga akhirnya Faust memutuskan untuk memanggil setan. setan tersebut dikenal dengan nama Mephistopheles.

Dr.Faust mengadakan sebuah perjanjian dengan Mephistopheles. perjanjian tersebut adalah, Mephistopheles akan menjaga dan memberikan pohon pengetahuan yang tak terhingga pada Faust selama kurang lebih 24 tahun. sebagai gantinya, Faust akan menyerahkan jiwanya kepada si raja setan Lucifer untuk tingga di neraka selama-lamanya.


Sebelum perjanjian ditandatangani, Mephistopheles berusaha menasehati Faustus akan bahaya perbuatanya. Si iblis menceritakan bagaimana hancurnya hidup manusia bila perjanjian sampai terjadi. Ia juga menceritakan bagaimana kejamnya keadaan sebuah neraka. Dengan seperti ini si iblis itu berharap Faustus memikirkan kembali permintaanya itu.

Tapi semua itu tak dihiraukan oleh Faustus, nafsunya lebih besar dari hal-hal yang diutarakan si iblis tadi. Kerasukannya akan pengetahuan terlalu besar, hingga dia tak punya keinginan lain lagi selain mengetahui hal-hal yang mungkin tak diketahui oleh manusia-manusia yang lain. Darahpun tertumpah dari tubuh doctor Faustus sebagai tanda bahwa perjanjian telah berlaku.
Setelah perjanjian itu banyak hal yang Faustus lakukan untuk memenuhi rasa kehausanya akan pengetahuan. Ia melakukan banyak trik kebohongan demi mendapatkan sebuah pernyataan (praise)yang membahagiakan dari setiap orang lewat majiknya. Ia berpikir bahwa pemenuhan akan pengetahuan akan membawa kebahagian pada dirinya. Namun disamping itu, Faustus yang brilian juga merasa menderita, banyak pertumpahan darah yang ia saksikan. satu-persatu orang-orang yang ia kenal mati mengeaskan karena perbuatan Faust yang egois.
Tapi apa yang terjadi selanjutnya adalah sesuatu yang menakutkan baginya. Singkat cerita, dua puluh empat tahun perjanjian telah berlalu, ketakutan yang memuncak dan besarpun menghantuinya. Ia tersadar bahwa ia telah melakukan banyak hal yang salah selama ini, tapi semuanya sudah terlambat. Doctor Faustus harus menerima konsekuensi atas setiap perbuatanya dan sebagai pemenuhan syarat yang telah ia janjikan pada raja iblis.

Di dunia yang modern ini, nama dr.Faust dan Lucifer juga sangat populer. Salah satunya adalah mereka cukup tenar di kalangan penikmat anime. Contohnya, Faust dan Mephistopheles muncul di beberapa serial anime seperti Shaman King
ini Faust ke VIII
Namanya Mephisto E (atau Mephisto Eliza) yang tidak lain adalah istri Faust VIII



dan Ao No Exorcist.
 Gayanya aneh ya






Source:
http://media.kompasiana.com/buku/2010/08/23/doctor-faustus-sang-pemuja-iblis-235939.html
http://raminoxla.blogspot.com/2011/06/faust-kisah-di-balik-nama.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar